Rabu, 19 Agustus 2015

Cara Menginstal SO Linux Mint


Cara Menginstalasi Sistem Operasi Linux Mint di Komputer atau Laptop

1. Boot LiveDVD 


Tempatkan DVD di drive dan restart komputer. Sekarang Anda akan melihat layar berikut:
Gambar 1: Layar boot
Jika Anda tidak melihat layar ini dan boot PC Anda seperti biasa itu mungkin karena BIOS Anda tidak diatur untuk boot pada DVD. Restart komputer dan tekan tombol F1, atau F2, atau Delete, atau Escape (atau tombol apa pun memungkinkan Anda masuk ke konfigurasi BIOS) dan mengubah pengaturan BIOS Anda untuk memberitahu komputer Anda untuk boot dari DVD drive.

2. Install Linux Mint pada hard drive Anda

Dari layar pertama memilih default pilihan Start Linux Mint dan tekan Enter. Setelah beberapa saat sistem hidup harus siap dan Anda akan melihat desktop.
Pada tahap ini Linux Mint belum diinstal pada komputer Anda, itu hanya berjalan dari DVD. Sistem yang ada di depan Anda, bagaimanapun, hampir persis sama dengan yang akan Anda miliki nanti di komputer Anda setelah instalasi selesai.
Bersenang-senanglah dengan itu terlebih dahulu dan lihat apakah Anda menyukainya. Ingatlah bahwa ketika menjalankan dari DVD, Linux Mint berjalan tentu akan lebih lambat dibanding jika sudah diinstal ke harddisk komputer, karena untuk membaca data dari DVD drive lebih lambat dari pada membaca data dari harddisk.
Bila Anda sudah siap, klik dua kali pada ikon "Install Linux Mint" yang terletak pada desktop. Selanjutnya muncul:
Gambar 2 : Layar pemilihan bahasa
Jika Anda belum membaca catatan rilis, dan Anda memiliki koneksi internet, maka ini kesempatan yang ideal untuk meninjaunya; cukup klik pada link yang digarisbawahi. Hal ini sangat dianjurkan pengguna membaca catatan rilis sebelum instalasi agar mereka mengetahui fitur baru, serta masalah apapun yang mungkin mempengaruhi konfigurasi hardware khusus mereka.

Pilih bahasa Anda dan tekan tombol "Continue".
Gambar 3 : Memeriksa bahwa semuanya baik-baik saja ..
Pada layar berikutnya, pastikan Anda terhubung ke sumber listrik (jika Anda menggunakan laptop), Internet dan bahwa Anda memiliki jumlah ruang disk yang disarankan. Kemudian tekan tombol "Continue".
Gambar 4 : Memilih jenis instalasi
Pada layar berikutnya Anda dapat menetapkan seluruh harddisk untuk Linux Mint atau menginstalnya bersama sistem operasi lain. Atau, Anda juga dapat menentukan dan menetapkan partisi secara manual.

  • Jika Anda memilih untuk menggunakan seluruh disk, isinya akan dihapus dan Linux Mint akan dipasang sebagai satu-satunya sistem operasi pada komputer Anda.
  • Jika Anda memilih untuk menginstalnya bersama sistem operasi lain, installer akan menggunakan ruang kosong yang tersedia di partisi lain untuk membuat yang baru untuk Linux Mint. Anda akan ditanya berapa banyak ruang yang Anda inginkan untuk dialokasikan untuk itu. Installer kemudian akan menyusutkan partisi dan mengurus semuanya untuk Anda. Post-instalasi komputer Anda akan memiliki layar boot dari mana Anda akan dapat boot semua sistem operasi Anda.
  • Jika Anda memilih untuk menentukan partisi secara manual, editor partisi akan muncul, memberikan Anda kontrol penuh atas partisi dari hard drive Anda. Ini hanya disarankan untuk pengguna tingkat lanjut yang memahami bagaimana partisi bekerja di bawah Linux. Perhatikan bahwa Linux Mint membutuhkan partisi minimal 6GB dan yang ukuran yang direkomendasikan untuk partisi swap adalah 1,5 kali jumlah RAM yang tersedia di komputer.

Gambar 5 : Layar ringkasan instalasi
Pilih opsi yang sesuai dan klik pada tombol Install Now. Pada tahap ini, instalasi yang terjadi di latar belakang dan installer meminta pertanyaan konfigurasi Anda:
Gambar 6: Memilih zona waktu
Pilih lokasi Anda pada peta dengan mengklik kota yang terdekat dengan Anda. Tujuan dari langkah ini adalah untuk mengidentifikasi zona waktu Anda. Pastikan Waktu Saat muncul dengan benar dan klik tombol Continue.
Kadang-kadang installer tidak benar menangani penyesuaian waktu/musim dingin musim panas, sehingga bahkan dengan memilih kota yang tepat Anda mungkin melihat perbedaan dari satu jam atau lebih dengan waktu yang tepat. Mengabaikan ini pada tahap ini dan ingat untuk memastikan bahwa waktu sudah benar setelah Anda reboot di desktop yang baru diinstal Linux Mint Anda.
Gambar 7 Memilih layout keyboard
Pilih layout keyboard Anda. Jika Anda tidak yakin tentang apa yang tata letak cocok keyboard yang Anda miliki, klik pada kolom teks di bagian bawah layar dan mulai mengetik dengan keyboard Anda. Pastikan Anda menekan tombol sesuai dengan karakter yang muncul di bidang teks dalam rangka untuk memastikan Anda telah memilih layout keyboard yang tepat. Beberapa layout hanya berbeda sehubungan dengan aksen, angka dan tanda-tanda baca, jadi pastikan untuk menguji ini juga.
Saat Anda siap klik tombol "Continue".

Masukkan nama asli Anda dan nama pengguna dan password. Setiap kali Anda akan menggunakan Linux Mint Anda akan menggunakan account Anda dengan username dan password ini. Setelah Linux Mint diinstal Anda akan dapat menentukan akun lain jika orang lain yang menggunakan komputer ini.
Juga memberi nama komputer Anda. Nama ini akan digunakan oleh komputer pada jaringan atau di berbagai tempat dari sistem. Jika Anda belum pernah benar-benar berpikir tentang penamaan komputer Anda, maka sekarang adalah waktu. Orang sering memilih bunga (dahlia, mawar, tulip) atau planet (mars, jupiter, pluto) nama untuk komputer di jaringan mereka. Ini sepenuhnya terserah Anda apa yang ingin Anda gunakan, tapi pastikan untuk memilih nama yang Anda sukai dan Anda akan dengan mudah mengingat.
Huruf, spasi, dan karakter khusus tidak diperbolehkan di username atau nama komputer.
Jika Anda satu-satunya menggunakan komputer dan Anda ingin memotong layar login, periksa opsi Login otomatis.
Saat Anda siap klik pada tombol Forward.
Gambar 8 Layar pengaturan pengguna
Installer dapat mendeteksi sistem operasi lain pada komputer Anda dan meminta Anda jika Anda ingin untuk bermigrasi beberapa informasi pribadi. Biasanya ini memungkinkan Anda untuk bermigrasi bookmark, kontak, favorit dan jenis lain dari informasi pribadi dari sistem operasi lain yang diinstal pada hard disk drive ke dalam Linux Mint yang baru diinstal. Saat Anda siap klik pada tombol "Continue".
Gambar 9 Instalasi biasanya memakan waktu antara 10 dan 15 menit
Installer akan mendownload paket dari Internet untuk mendukung bahasa yang Anda pilih. Komputer Anda harus terhubung ke Internet untuk bekerja. Jika tidak hanya melewatkan langkah itu dan Anda akan dapat menambahkan dukungan untuk bahasa Anda setelah instalasi selesai dan Anda sudah masuk ke sistem baru Anda.

Setelah instalasi selesai klik tombol Restart Now dan liveDVD atau LiveUSB lingkungan akan menutup.

Bila diminta, keluarkan DVD dari drive atau menghapus USB dan tekan Enter. PC Anda sekarang siap untuk boot Linux Mint dari hard drive.

3. Reboot komputer

Setelah reboot, jika Anda memiliki lebih dari satu sistem operasi yang terpasang, Anda akan melihat menu boot. Setelah Linux Mint selesai loading Anda akan melihat layar baru meminta Anda untuk memasukkan username dan password Anda. Layar ini adalah "MDM Login Manager" dan biasa disebut "MDM". Masukkan password yang Anda pilih pada waktu instalasi. Sekarang Anda berhadapan dengan layar desktop Sistem Operasi Linux Mint.

Selesai.
Dengan demikian Anda sudah menginstalasi komputer Anda dengan Sistem Operasi Linux Mint. Anda dapat mengenal lebih jauh tentang Desktop Sistem Operasi Linux Mint dengan membaca artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa.


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon diberikan masukan, saran maupun kritik yang baik.