Sabtu, 23 Agustus 2014

MENGENAL SISTEM OPERASI KOMPUTER


MENGENAL SISTEM OPERASI KOMPUTER

Sebagai kita ketahui bahwa perangkat keras komputer tidak dapat bekerja secara mandiri. Untuk dapat menjalankan fungsinya, diperlukan serangkaian instruksi yang terkumpul dalam bentuk software (perangkat lunak). Software komputer dibagi menjadi dua, yaitu software yang berupa sistem operasi komputer dan software yang berupa program aplikasi komputer.

Sistem operasi mempunyai beberapa fungsi utama antara lain:
(1) manajemen sumber daya,
(2) manajemen data,
(3) manajemen gugus tugas, dan
(4) penyediaan sarana komunikasi antar pengguna dan komputer.

Banyak Sistem Operasi yang dikenal dan diantara lain; DOS, Windows, Unix, MacOS, FreeBSD, dan Linux.

Memang kebanyakan masyarakat Indonesia yang menggunakan komputer sangat familiar jika komputernya beroperasi dengan menggunakan sistem operasi (SO) Windows. Mereka masih merasa asing dan canggung jika komputer atau laptop yang mereka gunakan memakai sistem operasi yang lain. Saya juga merasakan hal ini pada saat awal mula menggunakan sistem operasi LINUX, pada mulanya saya merasa cukup canggung. Bagaimana tidak, selama ini hanya sistem operasi windows beserta berbagai program aplikasinya - lebih kurang 15 tahun lebih - yang saya gunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas pekerjaan saya yang menyangkut dengan komputer.

Ada baiknya saya sampaikan bahwa rasa canggung menggunakan sistem operasi Linux tidak berlangsung lama karena ternyata tutorialnya lengkap sekali dan semuanya bisa didapat secara MUDAH dan GRATIS di internet. tutorial sistem operasinya? ada di internet, tutorial program-program aplikasinya? juga ada tersedia di internet, tinggal download Ebooknya dan pelajaran serta praktekkan langsung. Bahkan video tutorial pun juga ada di internet, sekali lagi TINGGAL DI DOWNLOAD aja kok. Ini HEBATnya Linux; sistem operasi, program aplikasi dan tutorialnya GRATIS. Ini yang saya suka "GRATIS", bagaimana dengan Anda?

Nah, termotivasi oleh keinginan menggunakan Sistem Operasi yang handal dan gratis ini, setelah saya coba cukup lama dan setelah saya pertimbangan dengan baik maka dibulan suci Ramadhan 1435 bertepatan dengan bulan Juli 2014 saya memutuskan untuk migrasi dari Windows ke Linux Ubuntu. Konsekuensi dari keputusan saya ini adalah komputer dan laptop yang saya gunakan saya instal sistem operasi Linux Ubuntu 14.04 dan aplikasi-aplikasi yang saya butuhkan juga saya instal seperti Inkscape, Gimp, OpenShot, dan lain-lain. Dan juga tak ketinggalan saya download pula tutorialnya.

Pada artikel selanjutnya saya ingin sharing dengan saudara, mengapa saya tertarik menggunakan Linux ini. Saya akan bercerita lebih banyak tentang Mengapa Saya Tertarik Dengan Linux ini?.

Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon diberikan masukan, saran maupun kritik yang baik.