Rabu, 19 Agustus 2015

Berkenalan Dengan Sistem Operasi Linux Mint

Pendahuluan

Linux Mint adalah sistem operasi komputer yang dirancang untuk bekerja pada sebagian besar sistem modern, termasuk model x86 dan x64 Personal Computer.
Linux Mint dapat dianggap sebagai memiliki peran yang sama seperti Microsoft Windows, Apple Mac OS, dan BSD OS. Linux Mint juga dirancang untuk bekerja bersama dengan sistem operasi lain (termasuk yang tercantum di atas), dan secara otomatis dapat diatur dalam lingkungan dual boot atau multi-boot (di mana pengguna diminta untuk memilih sistem operasi saat memulai pada setiap boot- up) selama instalasi.
Linux Mint adalah sistem operasi yang dapat digunakan untuk individu maupun untuk perusahaan.

Sejarah

Linux Mint adalah sistem operasi yang sangat modern; Perkembangannya dimulai pada tahun 2006. Meskipun masih sangat muda, namun demikian ia dibangun di atas lapisan perangkat lunak yang sangat matang dan terbukti, termasuk Linux kernel, alat GNU dan desktop Cinnamon. Hal ini juga bergantung pada proyek Ubuntu dan Debian dan menggunakan sistem mereka sebagai basis.
Proyek Linux Mint berfokus pada membuat desktop lebih bermanfaat dan lebih efisien untuk tugas-tugas sehari-hari yang dilakukan oleh pengguna biasa. Di bawah desktop sistem operasi juga menyediakan koleksi perangkat lunak yang terintegrasi dengan sangat baik.
Linux Mint saat ini semakin populer dan semakin banyak orang menggunakannya setiap hari.

Tujuan

Tujuan dari Linux Mint adalah untuk menyediakan sistem operasi desktop bagi pengguna rumahan dan perusahaan yang dapat menggunakan secara gratis dan yang efisien, mudah digunakan, dan dibuat se-elegan mungkin.
Salah satu ambisi dari proyek Linux Mint adalah untuk menjadi sistem operasi terbaik yang tersedia mudah bagi orang untuk bisa menggunakan teknologi canggih, bukan dengan menyederhanakan mereka (dan dengan demikian mengurangi kemampuan mereka), atau dengan menyalin pendekatan yang diambil oleh pengembang lain.
Tujuan pengembang adalah untuk mengembangkan ide sendiri untuk menjadikan sebuah desktop yang ideal, yaitu untuk membuat sebagian besar dari teknologi modern yang ada di Linux menjadi mudah bagi semua orang untuk menggunakan fitur yang paling canggih.

Nomor versi dan codenames

Nomor versi dan codenames mengikuti logika yang unik di Linux Mint:

  • Codenames menyediakan cara untuk merujuk pada versi Linux Mint yang lebih akrab daripada menggunakan nomor versi.
  • Sejak versi 5, Linux Mint telah mengikuti siklus rilis 6 bulan dan menggunakan skema versi sederhana. Nomor versi hanya akan bertambah setiap 6 bulan.
  • Jika revisi yang dibuat untuk rilis tertentu (sedikit seperti Layanan Paket pada Windows) nomor versinya mendapat kenaikan revisi minor. Misalnya 3 menjadi 3,1.
  • Codenames di Linux Mint selalu nama wanita yang berakhir dengan a. Mereka mengikuti urutan abjad dan huruf pertama dari nama kode sesuai dengan indeks nomor versi dalam alfabet.

Sejauh ini Linux Mint telah menggunakan codenames berikut:

Linux Mint Codenames

Version
Codename
1.0
Ada
2.0
Barbara
2.1
Bea
2.2
Bianca
3.0
Cassandra
3.1
Celena
4.0
Daryna
4.0
Daryna
5
Elyssa
6
Felicia
7
Gloria
8
Helena
9
Isadora
10
Julia
11
Katya
12
Lisa
13
Maya
14
Nadia
15
Olivia
16
Petra
17
Qiana


Edisi

Sebuah Edisi adalah rilis dari Linux Mint yang disesuaikan untuk mengatasi satu set tertentu dari kebutuhan. Panduan ini mencakup Edition Cinnamon. Berikut adalah beberapa edisi yang paling populer:

  • Cinnamon Edition (menggunakan desktop Cinnamon)
  • Mate Edition (menggunakan desktop Mate)
  • KDE Edition (menggunakan desktop KDE)
  • Xfce Edition (menggunakan desktop Xfce)

Jika Anda tidak tahu sebaiknya menggunakan edisi yang mana, maka disarankan untuk memilih Edition MATE. Ini tidak sepopuler Edition Cinnamon tetapi kompatibel dengan berbagai spesifikasi hardware.

Dimana kita dapat menemukan bantuan?

Komunitas Linux Mint sangat membantu dan sangat aktif. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah yang berkaitan dengan Linux Mint, Anda bisa mendapatkan bantuan dari pengguna lainnya secara online.

Pertama, pastikan untuk mendaftar dengan Linux Mint Forum. Ini adalah tempat pertama dimana Anda dapat menemukan bantuan: http://www.linuxmint.com/forum.

Jika Anda ingin chatting dengan pengguna lain Anda dapat menghubungkan ke ruang IRC chat. Di Linux Mint cukup memulai Hexchatfrom menu. Jika Anda menggunakan sistem operasi lain atau klien IRC lain pastikan untuk terhubung ke server theirc.spotchat.org dan bergabung dengan saluran #linuxmint-help dan #linuxmint-chat.
Linux Mint menggunakan Ubuntu1 repositori2 dan sepenuhnya kompatibel dengan itu sehingga sebagian besar dari sumber daya, artikel, tutorial, dan perangkat lunak yang dibuat untuk Ubuntu juga bekerja untuk Linux Mint. Jika Anda tidak dapat menemukan bantuan pada subjek tertentu, pastikan untuk mencari pada subjek yang sama untuk Ubuntu.

____________
Catatan:
1 .Ubuntu adalah sistem operasi lain berdasarkan GNU / Linux.
2 repositori adalah layanan online di mana perangkat lunak disimpan dan tersedia untuk sistem operasi untuk menginstal dan update dari. Kebanyakan sistem operasi berbasis GNU / Linux menggunakan repositori dan terhubung ke mereka melalui HTTP atau FTP untuk menginstal dan meng-upgrade perangkat lunak mereka.


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon diberikan masukan, saran maupun kritik yang baik.