Minggu, 15 Maret 2015

Sistem Operasi Linux Yang Cocok Untuk Netbook

Sistem Operasi Linux Yang Cocok Untuk Netbook

Pengantar

Pembaca yang budiman, artikel ini saya tulis terinspirasi dari artikel yang ditulis oleh Gary Newell di websitenya dan artikel ini adalah terjemahan dari artikelnya tersebut. Karena saya beranggapan artikelnya sangat bagus dan perlu disebarluaskan agar Linux semakin populer di Indonesia. Namun demikian saya akui bahwa saya bukanlah seorang yang ahli menerjemahkan bahasa inggris, karenanya terlebih dahulu saya mohon maaf jika terjemahannya ada yang salah atau kurang pas. Terima kasih Tuan Gary Newell atas kemurahan hatinya memberikan izin kepada saya, terima kasih pembaca budiman yang sudah mampir di blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baik, mari kita masuk saja ke topik utama kita yaitu  tentang pertanyaan yang paling sering ditanyakan "Distribusi Linux yang akan menjadi yang terbaik untuk Netbook?".

Yang benar adalah bahwa apa yang bekerja dengan baik pada sesuatu perangkat mungkin tidak bekerja dengan baik pada perangkat yang lain. Namun saya telah memeriksa sejumlah besar distribusi Linux dan kebanyakan ulasan ini telah dilakukan menggunakan Acer Aspire One D255 Netbook.

Acer Aspire One memiliki prosesor Atom 1,6 GHz, hanya 1gb RAM dan 160 gb hard drive kecil. Netbook datang pra-instal dengan Windows 7 Starter, dual boot dengan versi lama Android.

Dengan menginstal Linux pada Acer Aspire One sebenarnya sedikit netbook yang sangat bagus tapi itu bergantung pada Anda menjadi masuk akal tentang apa yang Anda instal.

Distribusi berikut telah diinstal pada Acer Aspire One dan saya percaya akan berjalan dengan baik pada Acer Aspire One.

1. Bodhi Linux

Bodhi Linux
Saya meninjau Bodhi Linux tahun lalu ketika itu versi 2.1. Versi terbaru adalah 2.4.

Bodhi menggunakan lingkungan desktop E17 dan terlihat sangat stylish. Instalasi sangat cepat antara 5 dan 10 menit.

Menghubungkan ke internet hanya dengan mengklik ikon jaringan di rak atas dan memilih koneksi nirkabel yang sesuai.

Flash tidak bekerja di luar kotak tapi cukup mudah untuk menginstal.

Tidak banyak aplikasi yang terinstal secara default tapi Bodhi menyediakan aplikasi dalam bundel yang dapat diinstal melalui browser Midori. Anda juga dapat menginstal aplikasi dengan menggunakan aplikasi Synaptic yang sangat familiar.

Ada beberapa masalah kecil (yang mungkin telah diperbaiki sekarang) tapi Bodhi mudah digunakan dan sangat responsif pada netbook.

2. Crunchbang

Crunchbang
Aku mencoba Crunchbang sebelumnya pada tahun ini dan meskipun saya tidak mencobanya pada netbook saya mencobanya pada komputer dengan spesifikasi yang cukup rendah.

Crunchbang mungkin bukan untuk orang yang suka bells dan whistles mereka. Namun Anda akan kagum  pada kinerja Crunchbang.

Menghubungkan ke internet hanya dengan mengklik ikon jaringan dari toolbar di bagian atas kemudian memilih jaringan nirkabel yang sesuai.

Crunchbang datang pra-instal dengan GIMP untuk editing gambar, VLC media player, Abiword dan Gnumeric.

Tidak ada audio player diinstal secara default, tetapi Anda dapat menggunakan Synaptic untuk men-download dan menginstal aplikasi.

Flash bekerja langsung tapi untuk memutar MP3 Anda harus menginstal GStreamer Ugly Plugin.

3. Linux Lite

Linux Lite
Jika Anda adalah pengguna Windows maka Anda akan menemukan bahwa Linux Lite terlihat cukup akrab terutama jika Anda terbiasa menggunakan Windows XP.

Anda dapat terhubung ke internet dengan mengklik ikon jaringan di system tray. Linux Lite menggunakan aplikasi Wicd untuk menghubungkan ke jaringan nirkabel. Hal ini cukup jelas apa yang harus Anda lakukan. Pilih jaringan dan masukkan rincian keamanan yang relevan.

Untuk menginstal perangkat lunak di Linux Lite Anda bisa menggunakan Synaptic atau menginstal aplikasi umum menggunakan "Install Additional Software" item menu. Opsi terakhir membuatnya mudah untuk menginstal WINE, VirtualBox dan paket Restricted Extras (yang kemudian memberikan Flash, kemampuan untuk memutar MP3, Java dan truetype font).

Aplikasi disertakan secara default termasuk GIMP untuk editing gambar, LibreOffice, Muble voice chat, Steam, dan VLC.

Linux Lite sangat stabil, responsif dan dilengkapi dengan baik set aplikasi.

4. LXPup

LXPup
LXPup adalah variasi dari Puppy Linux yang menggunakan desktop LXDE.

Puppy Linux datang dengan berbagai besar aplikasi kecil yang hanya melakukan pekerjaan yang diperlukan tanpa terlalu banyak bells dan whistles.

Misalnya untuk terhubung ke internet, Anda dapat menggunakan alat konfigurasi jaringan yang sederhana. Ada puluhan program yang diinstal secara default termasuk Abiword dan Gnumeric.

LXPup termasuk rippers CD, konverter media, pemutar video dan pemutar PMusic baik.

Flash tidak terinstal tapi ada pilihan menu yang membuatnya cukup mudah untuk mendapatkannya.

Puppy Linux menyenangkan untuk digunakan dan Anda mendapatkan begitu banyak diinstal secara default dan itu sangat responsif.

5. MacPUP

MacPup
MacPup adalah versi lain dari Puppy Linux tapi kali ini sudah diatur untuk terlihat lebih seperti desktop Mac.

MacPup sangat baik dan versi favorit saya dari Puppy Linux. Muncul dengan jumlah yang biasa aplikasi yang Anda harapkan dengan Puppy Linux dan ada juga aplikasi Quickpet yang membuatnya mudah untuk menginstal program-program seperti GIMP dan Audacity.

Menghubungkan ke internet adalah yang sederhana seperti menggunakan alat konfigurasi jaringan yang sederhana. Flash tidak terinstal secara default, tetapi dapat dengan mudah diinstal melalui manajer paket.

6. Manjaro

Manjaro
Aku tidak benar-benar mencoba Manjaro pada netbook tapi aku mencobanya pada komputer dengan spesifikasi yang cukup rendah dan sebagai versi saya meninjau adalah edisi Openbox maka harus sempurna untuk netbook.

Hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah ultra quick boot. Kinerja Manjaro keseluruhan juga sangat mengesankan.

Menghubungkan ke internet semudah memilih ikon jaringan dan kemudian memilih jaringan nirkabel yang sesuai.

Menjelajahi sekitar Manjaro dengan mengklik kanan pada desktop dan menavigasi ke aplikasi yang dipilih.

Tidak banyak aplikasi yang terinstal secara default, tetapi Anda dapat menggunakan Pacman untuk menginstal aplikasi.

Flash bekerja tetapi mendapatkan musik untuk bermain melalui aplikasi XNoise bawaan ini sedikit rumit.

Saya akan mengatakan bahwa Manjaro adalah untuk pengguna yang lebih berpengalaman dan mungkin tidak menjadi persinggahan pertama bagi orang yang baru untuk Linux, tetapi untuk orang yang tidak keberatan bereksperimen dan yang memiliki kemampuan untuk menemukan jalan mereka di sekitar Linux sangat ideal .

7. Linux Mint 15 XFCE

Linux MINT
Kebanyakan distribusi menjalankan XFCE akan menjadi besar untuk netbook Linux. Linux MINT menyediakan antarmuka standar apakah Anda menggunakan laptop, komputer desktop atau netbook.

Untuk mesin yang lebih kuat desktop Cinnamon menjadi desktop pilihan, namun tampilan dan nuansa yang sama dengan versi XFCE tapi tanpa glamor. Substansi lebih gaya.

Dengan Linux Mint Anda mendapatkan semuanya bekerja di luar kotak. Menghubungkan ke internet semudah mengklik ikon jaringan dan memilih jaringan nirkabel yang sesuai.

Flash bekerja tanpa harus menginstal apapun dan MP3 bermain tanpa menginstal codec tambahan.

Linux Mint 15 dilengkapi dengan LibreOffice dan GIMP terinstal secara default.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya (bersambung). Terima kasih sudah mampir di linuxkotapadang.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon diberikan masukan, saran maupun kritik yang baik.