Senin, 06 Oktober 2014

MENGAPA SAYA TERTARIK DENGAN LINUX

Mengapa Saya Tertarik Dengan Linux, ini pertanyaan menarik. Sebagai seorang newbie pada mulanya saya hanya ingin mencoba-coba saja sekedar untuk menjawab rasa penasaran saya. Sebab dalam fikiran saya waktu itu tak mungkin sebuah sistem operasi komputer yang katanya BAGUS, RINGAN, CEPAT diberikan secara GRATIS, dan begitu pula program aplikasinya juga banyak yang GRATIS. Singkat cerita saya cobalah, pada saat itu yang saya coba sistem operasi Linux Ubuntu 14.04 saya coba.

Pada saat pertama kali mencoba, saya menginstal Linux Ubuntu 14.04 ini di Laptop tanpa menghapus Windows 7 yang sudah terinstall. Lho kok bisa? Memang bisa, jadi perlu diketahui ada beberapa macam pilihan pada saat kita memasang Linux Ubuntu 14.04 di komputer atau laptop yaitu:

  1. Mencoba Linux Ubuntu tanpa menginstalnya. Dengan pilihan ini Linux Ubuntu dijalankan langsung dari DVD sebagai uji coba. Dengan cara ini apabila komputer/laptop dimatikan keadaannya akan kembali seperti semula.
  2. Menginstal Linux Ubuntu tanpa menghapus sistem operasi yang sudah terpasang sebelumnya di komputer/laptop. Hebatnya dengan pilihan kedua ini, Linux Ubuntu berjalan di komputer/laptop tanpa menghapus sistem operasi sebelumnya. Jadi setiap saat Anda menghidupkan komputer akan dihadapkan kepada pilihan apakah akan menggunakan Linux atau akan menggunakan Windows?
  3. Menginstal Linux Ubuntu sepenuhnya dengan menghapus sistem operasi sebelumnya. Dengan pilihan ke 3 ini Anda menginstal sepenuhnya Linux Ubuntu di komputer/laptop Anda dan menghapus sistem operasi sebelumnya.

Pada awalnya point 1 di atas lah alasan kedua yang membuat saya tertarik dengan Linux. Arti positifnya di sini adalah kita boleh mencobanya tanpa mengganggu sama sekali sistem operasi dan aplikasi yang sudah terpasang di komputer/laptop kita.

Singkat cerita; saya DOWNLOAD file ISO sistem operasi (SO) Linux Ubuntu 14.04 di sini kemudian saya burn file ISO tersebut, selanjutnya saya cobakan di laptop saya yang pada waktu itu masih menggunakan SO Windows 7. oops maaf ada yang lupa saya sampaikan bahwa sebelumnya saya juga sudah mendowload tutorialnya di sini dan juga sudah membacanya.

Untuk pertama kali mencoba Linux, saya sengaja mencoba tanpa menginstalnya dulu untuk berjaga-jaga jika saya tak menyukai Linux maka laptop saya aman. Nah ini saya lakukan selama lebih kurang 3 hari. Hebat, mantap, kata-kata itu yang terlontar dari mulutku, ternyata sebuah SO gratis tidak kalah bagus dengan SO berbayar.

Ada beberapa hal lagi yang menjadi dasar pertimbangan saya melakukan migrasi ke Linux, dan hal ini akan saya sampaikan di postingan selanjutnya, mudah-mudahan Anda menyukainya.

Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon diberikan masukan, saran maupun kritik yang baik.